Pemasaran Objek Wisata Berbasis Komunitas Studi Kasus Kegiatan Pokdarwis di Kabupaten Wonogiri

Authors

  • Nuryani Tri Rahayu Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sekar Indah Alfiat Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

Promotional mix, Community, tourist attraction, Marketing, Pokdarwis

Abstract

Pembangunan sektor pariwisata memerlukan sinergisme dari tiga pemangku kepentingan terkait yaitu Pemerintah, Swasta, dan Masyarakat. Salah satu wadah peran aktif masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan adalah Kelompok Sadar Wisata. Oleh karena itu, maka kajian mengenai eksistensi pokdarwis, kegiatan, efektifitas, dan kendalanya menjadi urgen untuk dilakukan. Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan teori bauran pemasaran dan khususnya bauran promosi dari Fillip dan Kotler. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan partisipan penelitian adalah informan dari unsur pengurus Pokdarwis, pengunjung objek wisata, serta pimpinan wilayah setempat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan interview berstruktur menggunakan instrumen berupa panduan observasi dan interview guide. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi sumber dan metode dan dianalisis data secara induktif dengan teknik interaktif sirkuler. Hasil yag diperoleh menunjukkan bahwa pemasaran objek wisata di Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri dilaksanakan oleh komunitas Pokdarwis yang anggotanya berasal dari warga masyarakat setempat. Pemasaran yang dilakukan mengimplementasikan teori bauran promosi yang melibatkan 5 unsur yaitu periklanan, promosi penjualan, publikasi, penjualan pribadi, dan hubungan masyarakat. Hambatan yang dijumpai antara lain faktor access, amenities, dan ancillary service, serta kurangnya kemampuan SDM komunitas dalam bidang pemasaran..

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., Sitanggang, A., Hendra, H., Wilmar, P., Indonesia, B., Rosita, Y. D., Majapahit, U. I., & Algorithm, I. D. (2021). Dasar-Dasar Periklanan (A. Karim (ed.); Issue April). Yayasan Kita Menulis.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pres. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Chatamallah, M. (2008). Strategi “Public Relations” dalam Promosi Pariwisata: Studi Kasus dengan Pendekatan “Marketing Public Relations” di Provinsi Banten. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(2), 393–402. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i2.1120

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran (T. Q. Media (ed.); 1st ed.). C.V. Penerbit Qiara Media.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana. http://dx.doi.org/10.1016/j.engfailanal.2008.01.004http://dx.doi.org/10.1016/j.engfracmech.2008.11.011http://dx.doi.org/10.1016/j.corsci.2009.12.020http://dx.doi.org/10.1016/j.corsci.2009.11.044http://dx.doi.org/10.1016/j.biotechadv.2010.07.003%0Ahttp

Pambudi, A. S., Fikri Masteriarsa, M., Dwifebri, A., Wibowo, C., Amaliyah, I., Adhitya, D., & Ardana, K. (2020). Strategi Pemulihan Ekonomi Sektor Pariwisata Pasca Covid-19. Majalan Media Perencanaan, 1(1), 1–21. https://mediaperencana.perencanapembangunan.or.id/index.php/mmp/article/view/1

Rahim, F. (2012). Pedoman Kelompok Sadar Wisata | i (pp. 1–56).

Saldana, J., Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis; A Methods Sourcebook (M. B. M. A. M. H. J. Saldana (ed.); Third Edit). SAGE Publication. Inc. United States of America.

Sunarti, S. W. R., & Hakim, L. (2017). PENERAPAN SAPTA PESONA PADA DESA WISATA (Analisis Persepsi Wisatawan atas Layanan Penyedia Jasa di Kampung Wisata Kungkuk, Desa Punten, Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 50(2), 195–202. https://media.neliti.com/media/publications/187115-ID-penerapan-sapta-pesona-pada-desa-wisata.pdf

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Sebelas Maret University Press.

Suwena, I. K., & Widyatmaja, I. G. N. (2010). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. 252.

Utama, I. G. B. R. (2017). Hubungan Faktor Motivasi Wisatawan dan Citra Destinasi Pariwisata (Issue July 2017). Program Studi Pengelolaan PerhotelanUniversitas Dhyana Pura.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani, Z. A. (2015). Metodologi Penelitiam Kualitatif & Grounded Theory (Masbur (ed.); Cetakan Pe). FTK Ar-Raniry Press.

Yusmar Ali, dkk. 2021.D asar-Dasar Periklanan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Rahayu, N. T., & Alfiat, S. I. (2023). Pemasaran Objek Wisata Berbasis Komunitas Studi Kasus Kegiatan Pokdarwis di Kabupaten Wonogiri . Indonesian Journal of Social Science, 1(1), 24–40. Retrieved from https://jurnal.pdpi.or.id/index.php/ijss/article/view/9

Issue

Section

Articles