Pola Asuh Orang Tua Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus pada TK Tarbiyatul athfal Garut)

Authors

  • Sri Mulyeni Universitas Nasional Pasim
  • Jajang Sutisna Universitas Nasional Pasim
  • Elis Ratna Suminar Universitas Nasional Pasim
  • Herlina Herlina Universitas Mandiri Jawa Barat

Keywords:

Authoritarian Parenting; Democratic Parenting; Permissive Parenting; Children's Social Emotional Development

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pola asuh orang tua yang berbeda secara khusus membentuk karakter anak yang berbeda mengenai kemandirian anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  Menganalisis jenis pola asuh yang digunakan oleh orang tua di  TK Tarbiyatul athfal Garut; Mengetahui kondisi orangtua di lingkungan sekitar TK serta dampak yang ditimbulkan ketika menggunakan pola asuh permisif dan otoriter; dan demokratis terhadap kecerdasan emosi anak. metode penelitian yang digunakan kuantitaif berdasarkan data yang kami sebar di TK Tarbiyatu Athfal Garut. Pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak, Khususnya pada anak usia dini gaya pendidikan meningkatkan kemandirian pendidikan anak usia dini didominasi oleh pendidikan demokratis dan otoriter, dan sebagian kecil masih belum mandiri dengan pendidikan dan penelantaran semacam ini permisif. Hasil penelitian menunjuka bahwa pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif memberikan kontribusi sebesar 37,9%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwi, A. I., Yenni, Y., & Vianis, O. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Yang Menggunakan Gadget Pada Anak Usia Dini. REAL in Nursing Journal, 5(1), 24. https://doi.org/10.32883/rnj.v5i1.1507

Goleman, D. D. P. (1995). Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ for character, health and lifelong achievement. Bantam Books, 1995, 352. https://www.scirp.org/(S(351jmbntvnsjt1aadkposzje))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=773626

Herlina, H., Herdhiana, R., & Noviadi Nugroho, M. (2018). Implementation of Moral a Character Education In the Development of Student Social Life Skill in Higher Education. 115(Icems 2017), 170–174. https://doi.org/10.2991/icems-17.2018.33

Hidayah, R., Yunita, E., & Utami, Y. (2013). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di Tk Senaputra Kota Malang. Jurnal Keperawatan, 1(2).

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688

Mathar, M. Q. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif untuk Ilmu Perpustakaan.

Nabila, P. A., Sukamti, N., & Usman, A. M. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Dan Kemandirian Fisik Anak Usia Prasekolah 4-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Wilayah Meruyung Kota Depok. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 2(2), 224–233. https://doi.org/10.33024/mahesa.v2i2.6000

Lesmana, R., Marthina, Y., & Septiana, Y. (2021). Perbandingan Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kedokteran Meditek, 27(1), 23–33. https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v27i1.1931.

Paende, E., Florensya, F., & Pelamonia, R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Peningkatan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun Dan Implementasinya Bagi Orang Tua Masa Kini. Jurnal Arrabona, 5(1), 1–21. https://doi.org/10.57058/juar.v5i1.66

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. Https://Doi.Org/10.17509/Jpa.V4i1.27206

Setiawan, A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. Book, 09(02), 193–210. https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/

Setiarsih, D., & Sari, R. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal Of Professional Nursing, 2(1), 61. Https://Doi.Org/10.30587/Ijpn.V2i1.3090

Suriya, & Brata. (2002). Psikologi Pendidikan. Universitas Gunadarama Jakarta

Suryani, N. K. (2021). Beban kerja dan kinerja sumber daya manusiaSuryani, N. K. (2021). Beban kerja dan kinerja sumber daya manusia (Issue August). (Issue August).

Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.792

Syamsul Hadi, S. H. (2013). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 227–240. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.104

Yustina, A., & Setyowati, S. (2021). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Jombang. Jurnal Paud Teratai , 10(1), 1–7.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Mulyeni, S., Sutisna, J., Suminar, E. R., & Herlina, H. (2023). Pola Asuh Orang Tua Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus pada TK Tarbiyatul athfal Garut). Indonesian Journal of Social Science, 1(1), 49–63. Retrieved from https://jurnal.pdpi.or.id/index.php/ijss/article/view/11

Issue

Section

Articles