Optimasi Media Sosial Dalam Memperkuat Personal Branding Bagi Siswa-Siswi SMK Karya Nasional Kab. Kuningan Jawa Barat

Authors

  • Dian Ikha Pramayanti STAI Al Muhajirin Purwakarta
  • Evalina Darlin Politeknik LP3I Jakarta
  • Badie Uddin Universitas Esa Unggul
  • Sopiah Sopiah Politeknik LP3I Jakarta
  • Frilla Gunariah STIEBS Al Amin Tasikmalaya
  • Kurnia Kurnia Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri (TMKM)
  • Tina Kartini Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.58818/jpm.v3i1.83

Keywords:

Pemasaran digital, media sosial , Personal Branding

Abstract

Pelatihan digital marketing adalah suatu pendekatan pendidikan yang krusial dalam era digital saat ini. Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki potensi besar untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang ini. Pelatihan digital marketing memberikan pemahaman yang mendalam tentang strategi pemasaran digital, alat, dan teknik yang dapat siswa terapkan di dunia nyata. Manfaat penting pelatihan digital marketing bagi siswa SMK mencakup peningkatan permintaan pekerjaan di bidang ini, peluang berwirausaha, kemampuan adaptasi terhadap teknologi baru, dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek praktis. Pelatihan ini juga memungkinkan siswa untuk memahami pasar global, menyediakan rujukan akademis, dan mengurangi kesenjangan kompetensi di antara lulusan SMK. Metode pelatihan yang efektif mencakup kelas daring, pembelajaran berbasis proyek, kolaborasi dengan industri, pelatihan dalam kelompok kecil, mentoring, sertifikasi digital marketing, kompetisi, evaluasi, dan klub digital marketing. Semua ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa SMK agar siap menghadapi tantangan dan peluang di dunia kerja yang semakin digital. Pentingnya pelatihan digital marketing untuk siswa SMK adalah investasi dalam masa depan pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dalam menghadapi dunia digital yang terus berkembang. Hasil yang dicapai pada pelatihan digital marketing adalah siswa memahami dengan baik strategi pemasaran digital lainnya. Selain itu, siswa telah memahami etika digital dan cara berinteraksi secara aman di dunia digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damiyana, D., Darlin, E., & Hanarti, I. (2023). Meraih Sukses Melalui Personal Branding Bagi Gen Z Di Smk Laboratorium Global Cikarang. Jurnal Abdimas Plj, 3(2), 68-73. Jurnal Abdimas Plj, 2(2), 62-66.

Daru, R. S. (2022). Sosialisasi Digitalisasi Marketing Di Smkn 6 Samarinda.Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (Jpkpm),2(2), 173-176

Evalina, E., & Lubis, F. M. (2021). Pengembangan Sdm Dan Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Ti Sebagai Upaya Mendukung Pengembangan Peserta Didik Pkbm 21 Tebet. Jurnal Abdimas Plj, 1(1), 44-50.28-50.

Ginanjar, H., Septiana, T., Ginanjar, D., & Agustin, S. (2021). Keberhasilan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek: Faktor-Faktor Kunci Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5542-5548

Hamidy, F., Pasha, D., Sulistiani, H., Rahmanto, Y., & Rahayu, M. (2023). Pelatihan Video Iklan Produk Dan Strategi Pemasaran Digital Di Smkn 2 Kalianda.Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (Jsstcs),4(1), 135-141.

Herlina, H. (2023). Bagaimana Ekosistem Kewirausahaan Digital Terbentuk Di Indonesia ? Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Managemen, 8(4), 775–789. Www.Jim.Usk.Ac.Id/Ekm

Herlina, Muluyeni, S., Yacub, R., & Titta, S. (2023). Kewirausahaan Digital Bagi Santri Di Pondok Pondok Pesantren Madyan Al Qur’any Cianjur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25–33.. 1(1), 25–33.

Herlina, R. &. (2014). Editor: Rika Desiyanti, S.E., M.Si., Ph.D.

Ikbal Pathoni, H. (2024). Pengantar Bisnis.

Karomah, Nurul Giswi, Elis Chalisah, Bakri, Nika Sintesa, Yunita Indriani. 2023. Strategi Pengembangan Industri Kreatif Secara Digital Dengan Optimasi Penggunaan Canva Dan Tiktok Di Kabupaten Kuningan-Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Stie Surakarta (Dimaseta) Vol 2 No 2 (2023): Desember 2023

Listiyono, Hersatoto , Yunus Anis, Dwi Agus Diartono , Isworo Nugroho. 2023. Pelatihan Digital Marketing Siswa Smkn-01 Tonjong Brebes Untuk Meningkatkan Kapasitas Pemasaran Pada Era Digital. Servis : Jurnal Pengabdian Dan Layanan Kepada Masyarakat. Https://Journal.Nacreva.Com/Index.Php/Servis/Index Volume 02, Nomor 01, Desember 2023, Hal : 31-35 Doi : Https://Doi.Org/10.58641/Servis

Mulyeni, S., Yacub, R., Herlina, H., & Sophan, I. (2023). Pelatihan Strategi Pengembangan Bisnis Jamur & Analisa Biaya Pendapatan (Pada Petani Jamur Di Benjot Cugenang Cianjur ). 1(1), 11–17.

Rahmat, H. (2023). Ebook 2023-Buku Manajemen Kewirausahaan_Penerbit Gita Lentera.Pdf. Cv. Gita Lentera.

Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing Pada Umkm Tahu Rohmat Di Kuningan. Komversal: Jurnal Komunikasi Universal, 6 (1), 28-50.

Rian, H., Evalina, E., Bakri, B., Ermanuri, E., & Gustiawan, H. (2022). Pembuatan Video Youtube Dan Tiktok Sebagai Sarana Digital Marketing Pada Pesantren

Sophan, I., Wahyuni, R. S., Redjeki, F., Herlina, H., & Purnama, S. A. (2023). Santri Digital Berinovasi Dalam Berwirausaha Di Desa Benjot Cugenang Cianjur Jawa Barat ( Rumah Tahfidz Baitul Qur ’ An Al-Karim Benjot ). 1(1), 18–24.

Yacub, R., Herlina, & Himawan, I. S. (2022). How Cultural Intelligence Develop Students’ Social Entrepreneurship In Indonesia? Jurnal Economia, 18, No.2, 256–273.

Yacub, R., Sophan, I., Herlina, H., Mulyeni, S., & Susilawati, E. (2023). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Digital Society 5.0 Pada Siswa/I Smk Multimedia Binkara Cianjur Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm), 1(1), 1–10.

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Pramayanti, D. I., Darlin, E., Uddin, B., Sopiah, S., Gunariah, F., Kurnia, K., & Kartini, T. (2025). Optimasi Media Sosial Dalam Memperkuat Personal Branding Bagi Siswa-Siswi SMK Karya Nasional Kab. Kuningan Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 18–26. https://doi.org/10.58818/jpm.v3i1.83

Issue

Section

Articles