Pendampingan Sertifikasi Halal Bagi UMKM Di Kota Cimahi
DOI:
https://doi.org/10.58818/jpm.v2i2.73Keywords:
Sertifikasi Halal, UMKM, Pendampingan, PelatihanAbstract
Sertifikasi halal merupakan salah satu aspek penting bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Pelatihan pendampingan sertifikasi halal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan UMKM Kota Cimahi dalam memenuhi persyaratan halal, sehingga mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional. Pelatihan ini akan membahas pentingnya sertifikasi halal, peran pendampingan dalam proses sertifikasi, serta manfaat yang diperoleh oleh UMKM dari program pelatihan tersebut. Dengan dilaksanakannya pendampingan sertifikasi halal ini para peserta UMKM di Kota Cimahi sangat antusias, peserta dibantu tim pendamping melakukan input data yang kemudian ditindak lanjuti dengan ferivikasi lapangan pada pembuatan produk UMKM yang mendaftar sertifikasi halal. Selain itu tim pendamping melakukan evaluasi agar peserta UMKM dapat mempertahankan standar halal produknya.
adanya pendampingan, UMKM dapat mempersiapkan dokumen, proses, dan produk yang sesuai standar halal yang ditetapkan oleh pemerintah dan lembaga terkait.
Downloads
References
Herlina, H., Mulyeni, S., Yacub, R., & Titta, S. (2023). KEWIRAUSAHAAN DIGITAL BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MADYAN AL QUR’ANY CIANJUR. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25–33.
Mulyeni, S. (2023). Manajemen Bisnis. In Manajemen Kewirausahaan (pp. 59–66). CV. Gita Lentera.
Nadya, A. Q., Hafidz, A. ridho, Latifa, A., & Fikri, S. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM Desa Pondokagung Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.61231/jp2m.v1i1.25
Nukeriana, D. (2018). IMPLEMENTASI SERTIFIKASI HALAL PADA PRODUK PANGAN DI KOTA BENGKULU. Qiyas: Jurnal Hukum Islam Dan Peradilan, 3(1), 154–166.
Pramintasari, T. R., & Fatmawati, I. (2017). Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, Dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 1–32.
Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803
Yacub, R., Sophan, I., Herlina, H., Mulyeni, S., Susilawati, E., & Anwar, A. (2023). MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN DIGITAL SOCIETY 5.0 PADA SISWA/I SMK MULTIMEDIA BINKARA CIANJUR JAWA BARAT. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 pdpi pdpi; Hani Handayani, Sri Mulyeni, Herlina Herlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.