Pelatihan Penggunaan Sosial Media untuk Meningkatkan Personal Branding dan Pemahaman Komunikasi Siswa SMK

Authors

  • Marzuki Marzuki Universitas Kapuas
  • Nanang Zakaria Sekolah Agama Islam Ma'arif Sintang, Indonesia
  • Arfiani Yulianti Fiyul Universitas Islam Syekh Yusuf, Indonesia
  • Lili Halimah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan Cimahi
  • Fristi Arfiawati Universitas Nasional Pasim

DOI:

https://doi.org/10.58818/jpm.v3i2.118

Keywords:

Media Sosial, Social Branding, Komunikasi Digital, Siswa SMK, Pelatihan

Abstract

Media sosial saat ini menjadi sarana penting dalam membangun citra diri (personal branding) dan keterampilan komunikasi, khususnya bagi generasi muda. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam memanfaatkan media sosial secara positif dan strategis sebagai alat untuk membentuk personal branding serta memperkuat pemahaman mereka terhadap komunikasi digital. Pelatihan dilaksanakan melalui pendekatan interaktif yang melibatkan penyampaian materi, diskusi, studi kasus, dan praktik langsung penggunaan berbagai platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan LinkedIn. Peserta berjumlah 60 orang siswa, pelaksanaan kegiatan berlokasi di SMK Tunas Bangsa, Bandung Barat Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap etika komunikasi digital, strategi membangun citra positif di media sosial, serta kemampuan teknis dalam membuat konten yang relevan dengan bidang keahlian mereka. Kegiatan ini diharapkan dapat membekali siswa dengan keterampilan penting dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital, baik untuk keperluan personal, pendidikan, maupun persiapan dunia kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarizzi, R., & Fanaqi, C. (2025). Workshop Personal Branding di Era Digital untuk Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 133–146. https://doi.org/10.37478/abdika.v5i1.5352

Anwar, C., Harits, A., & Handijono, A. (2025). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Membangun Identitas Diri Sebagai Strategi Personal Branding. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.55903/jipm.v3i1.215

Fitri Fajriani, Nabila Nur Aprilia, Izhar Harahap, & Sri Mulyeni. (2024). Penggunaan Media Sosial Tiktok dalam Proses Pembelajaran. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 3(1), 96–104. https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i1.1962

Halimah, L., Hendrawan, J. H., & Bisri, H. (2023). Menghidupkan Kembali Kaulinan Barudak Dalam Upaya Mencegah Penggunaan Gadget Secara Berlebihan Pada Anak Dibawah Umur Dan Ekonomi Praktis Dizaman Modern. Journal of Character Education Society, 6(1).

Halimah, L., Romlah, O. Y., Heryani, H., & Setiawati, L. (2024). Navigating online learning for citizenship education through parenthood in the digital era. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 21(1), 90–97. https://doi.org/10.21831/jc.v21i1.57731

Latifah, W., Harijati, R., & Yulianti, Y. (2022). Pengotakan Peran Sebagai Strategi Sistem Pola Baru Pada Pelaku Bisnis Media Sosial. Jurnal Soshum Insentif, 5(1), 12–20. https://doi.org/10.36787/jsi.v5i1.708

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2016). Management information systems: Managing the digital firm (14th ed.). Boston, MA: Pearson.

Mardiani, I. N., Aprilia, N. I., Pratiwi, V., Qorina, I., Fatmasari, D., & Samudra, J. (2024). Strategi Membangun Reputasi Untuk Sukses Karier Dengan Personal Branding di SMKN 1 Cikarang Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(4), 1135–1141. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i4.960

Marzuki. (2023). PELAKSANAAN FUNGSI KOMUNIKASI ADMINISTRASI DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MELAWI. Journal Of Educational Review And Research, 6(1), 1–12.

Masruri, M., Zakaria, N., Sobirin, S., Irwan, I., & Faisal, M. (2024). Cyber Learning As A Transformation Of Learning In The Digital Era. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 188–195. https://doi.org/10.32806/jkpi.v5i1.142

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Putra, R. P. (2021). Programmatic: Strategi efektif pemasangan iklan di era digital. Jurnal Studi Komunikasi, 5(3), 812–838.

Sakaril, G. (2024). Pelatihan Personal Branding Content Creator Di Media Sosial Bagi Siswa SMK Prima Unggul Kota Tangerang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(2).

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2020). Penanaman etika komunikasi digital di pesantren melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 128. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.24538

Widhi Rachmawati, D., Novianti, T., Kusumaningrum, A., Sofyan, H., Mulyeni, S., & Herlina, H. (2025). Komunikasi Asertif dan Penggunaan Media Sosial dalam Menghadapi Dunia Usaha dan Dunia Kerja. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(1), 36–44. https://doi.org/10.56910/sewagati.v4i1.2125

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi generasi milenial dan generai z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87.

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Marzuki , M., Zakaria, N., Fiyul, A. Y., Halimah, L., & Arfiawati, F. (2025). Pelatihan Penggunaan Sosial Media untuk Meningkatkan Personal Branding dan Pemahaman Komunikasi Siswa SMK. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 49–56. https://doi.org/10.58818/jpm.v3i2.118

Issue

Section

Articles