Pelatihan Pembuatan Nomor Induk Berusaha Bagi UMKM Guna Memiliki Legalitas Usaha di Desa Gadobangkong Bandung Barat

Authors

  • Lili Halimah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan Cimahi
  • Eman Sulaeman Nasim Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI,
  • Ramadhani Irma Tripalupi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Marwan Effendi STIE Manajemen Bisnis Indonesia
  • Helmi Qodrat Ichtiat Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58818/jpm.v3i2.121

Keywords:

UMKM, Nomor Induk Berusaha, OSS, Legalitas Usaha, Pelatihan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Gadobangkong, Bandung Barat dalam melakukan pendaftaran dan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui sistem Online Single Submission (OSS), peserta berjumlah 30 UMKM yang memiliki usaha bervariasi. Pelatihan dilaksanakan secara tatap muka dengan pendekatan partisipatif yang mencakup sosialisasi pentingnya legalitas usaha, panduan teknis penggunaan platform OSS, dan praktik langsung pembuatan NIB. NIB merupakan identitas legal usaha yang wajib dimiliki pelaku usaha agar dapat menjalankan kegiatan bisnis secara sah dan memperoleh akses terhadap berbagai fasilitas pemerintah, termasuk pembiayaan, pelatihan, dan perlindungan hukum. Namun, banyak pelaku UMKM di desa ini yang belum memiliki NIB karena keterbatasan informasi, keterampilan digital, serta kendala administratif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta pelatihan mengalami peningkatan pemahaman dan sebanyak 93% peserta berhasil memperoleh NIB secara mandiri. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong transformasi UMKM yang lebih formal dan berdaya saing di tingkat lokal maupun nasional

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bidasari, B., Sahrir, S., Goso, G., & Hamid, R. S. (2023). Peran Literasi Keuangan dan Literasi Digital dalam Meningkatkan Kinerja UMKM. Owner, 7(2), 1635–1645. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1404

Ginting, A. H., Bahroni, R., & Rumbekwan, M. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN PERIZINAN USAHA MIKRO KECIL BERBASIS OSS RBA DI KABUPATEN SITUBONDO PROVINSI JAWA TIMUR. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 12(1), 71–85. https://doi.org/10.33701/jiwbp.v12i1.2486

Halimah, L., Romlah, O. Y., Heryani, H., & Setiawati, L. (2024). Navigating online learning for citizenship education through parenthood in the digital era. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 21(1), 90–97. https://doi.org/10.21831/jc.v21i1.57731

Handayani, H., Mulyeni, S., & Herlina, H. (2024). Pendampingan Sertifikasi Halal Bagi UMKM Di Kota Cimahi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 30–37.

Herlina, H., Mulyeni, S., Yacub, R., Sophan, I., & Titta, S. (2023). KEWIRAUSAHAAN DIGITAL BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MADYAN AL QUR’ANY CIANJUR. In Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM) (Vol. 1, Issue 1).

Herlina, H., Mulyeni, S., Yacub, R., & Titta, S. (2023). KEWIRAUSAHAAN DIGITAL BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MADYAN AL QUR’ANY CIANJUR. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25–33.

Herlina Herlina. (2023). Bagaimana Ekosistem Kewirausahaan Digital Terbentuk di Indonesia? Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 8(4).

Kusnadi, I. H., Natika, L., & Alsonia, D. O. (2020). Implementasi Kebijakan Pembinaan UMKM di Kabupaten Subang. The World of Business Administration Journal. https://doi.org/10.37950/wbaj.v2i2.937

Masliardi, A., Effendi, M., Ningrum, P. A., Hasnidar, H., & Mala, I. K. (2023). Digital Disruption: Exploring the Dynamics of Marketing in the Digital Age. Journal of Management & Business, 6(2).

Mulyeni, S., Handayani, R., Nurjamad, M. A., & Herlina, H. (2024). Assistance for SMEs in Obtaining Business Legality through OSS RBA in Cimahi City West Java. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 84–89. https://doi.org/10.32815/jpm.v5i1.1261

Mulyeni, S., Yacub, R., Herlina, H., Sophan, I., & Suparno, S. (2023). PELATIHAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS JAMUR & ANALISA BIAYA PENDAPATAN (Pada Petani Jamur di Benjot Cugenang Cianjur). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–17.

Rahmasari, S. (2023). Strategi Adaptasi Bisnis di Era Digital: Menavigasi Perubahan dan Meningkatkan Keberhasilan Organisasi. KARIMAH TAUHID, 2(3), 622–637.

Rosmadi, M. L. N., Herlina, H., K, E. W., & Tachyan, Z. (2019). The Role of Indonesian Human Resources in Developing MSMEs Facing the Industrial Revolution 4.0. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 2(1). https://doi.org/10.33258/birci.v2i1.165

Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. Bisnis: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(3), 199–216.

Wijaya, R. S., Rahmaita, R., Murniati, M., & Mariyanti, E. (2023). Digitalisasi Akuntansi Bagi Pelaku UMKM Di Lubuk Minturun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas , 1(2).

Yacub, R., Sophan, I., Herlina, H., Mulyeni, S., Susilawati, E., & Anwar, A. (2023). MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN DIGITAL SOCIETY 5.0 PADA SISWA/I SMK MULTIMEDIA BINKARA CIANJUR JAWA BARAT. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10.

Downloads

Published

2025-07-25

How to Cite

Halimah, L., Nasim, E. S., Tripalupi, R. I., Effendi, M., & Ichtiat, H. Q. (2025). Pelatihan Pembuatan Nomor Induk Berusaha Bagi UMKM Guna Memiliki Legalitas Usaha di Desa Gadobangkong Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 73–81. https://doi.org/10.58818/jpm.v3i2.121

Issue

Section

Articles